Rekomendasi Jasa Pengurusan PKKPR di Jakarta Proses Cepat
Rekomendasi Jasa Pengurusan PKKPR di Jakarta Proses Cepat syarat mudah dan bergaransi dokumen resmi OSS RBA. Melayani nasional 08112121508
Salah satu dokumen penting dalam rangkaian izin usaha dan izin operasional adalah izin lokasi. Dokumen izin lokasi bukan merupakan izin usaha namun dibutuhkan untuk mendapatkan izin usaha dan izin operasional. Keberadaan izin lokasi ini juga sudah ada sejak jaman sistem perizinan berusaha dari jaman sistem perizinan berusaha offline hingga saat ini ketika perizinan sudah online.
Sekapur Sirih Tentang Izin Lokasi
Ketika mekanisme perizinan berusaha masih offline, untuk mendapatkan izin lokasi didapatkan dengan cara datang ke kantor dinas perizinan dan tata Ruang kemudian pengajuan secara offline. Mekanisme offline ini tentu saja menyulitkan bagi pelaku usaha yang memiliki waktu yang terbatas karana kesibukan bekerja. Belum lagi mempersiapkan dokumen persyaratan yang tentu saja tidak mudah dan menerlukan konsentrasi yang tinggi.
Izin Lokasi Era Online
Masa demi masa telah berganti dan demikian juga dengan sistem perizinan berusaha di Indonesia. Setelah masa perizinan berusaha yang masih offline, kemudian pemerintah Republik Indonesia menerapkan sistem perizinan berusaha online. Sistem online pertama kali bernama Online Single Submission (OSS) versi 1.1. Ketika mulai diterapkan nya sistem OSS 1.1 ini izin lokasi terbit otomatis untuk seluruh pelaku usaha dan seluruh bidang usaha.
Izin Lokasi Era OSS RBA
Setelah ditemukan banyak timpang tindih maka Pemerintah Republik Indonesia memperbaiki sistem perizinan berusaha dengan sistem perizinan berusaha terbaru. Sistem yang diberi nama OSS RBA ini memperbaiki perihal izin lokasi ini. Sejak OSS RBA diberlakukan itu izin lokasi dibagi menjadi 2 golongan yaitu izin lokasi untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan izin lokasi untuk usaha besar. Parameter yang digunakan adalah UMKM adalah usaha dengan modal usaha dibawah Rp 5 Miliar. Sedangkan untuk usaha besar itu diatas Rp 5 Miliar.
Pada izin lokasi nutuk UMKM itu izin lokasinya bernama Surat Pernyataaan Kesesuaian Tata Ruang yang terbit otomatis dan tanpa syarat. Sedangkan untuk usaha besar izin lokasinya bernama Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemsanfaatan Ruang atau yang biasa dikenal dengan PKKPR.
Mengenal PKKPR
PKKPR adalah singkatan dari Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang adalah izin lokasi untuk pelaku usaha dengan modal usaha diatas Rp 5 Miliar. Dokumen izin lokasi PKKPR ini adalah pengganti izin usaha yang mulai diberlakukan sejak diberlakukan nya sistem perizinan berbasis risiko di tahun 2021. Sistem perizinan yang berbasis risiko atau yang lebih dikenal dengan OSS RBA memang membagi izin lokasi menjadi 2 kelompok. Kelompok yang pertama adalah izin lokasi untuk pelaku usaha dengan modal usaha dibawah Rp 5 Miliar yang dinamakan Surat Pernyataan Kesesuaian Tata Ruang yang terbit otomatis. Sementara itu untuk kolompok kedua adalah PKKPR yang tidak bisa terbit otomatis. Pada PKKPR inilah yang sering menemui kesulitan karena ketatnya pemeriksaan dokumen persyaratan PKKPR.
Proses PKKPR yang tidak mudah
Tidak mudahnya mendapatkan PKKPR Karena pemeriksaan dokumen persyaratan untuk mendapatkan PKKPR dilakukan oleh ATR/BPN. Lembaga ini mencocokkan permohonan PKKPR dengan kesesuaian zona yang ada di lokasi yang dimohonkan tersebut. Kemudian juga mencocokkan dengan data kepemilikan lokasi usaha. Proses validasi dan verifikasi ini memerlukan waktu 10-30 hari kerja dan apabila tidak sesuai atau ada revisi maka dokumen akan dikembalikan dan proses diiulang dari awal.
Fungsi PKKPR
Kali ini kita membahas mengenai PKKPR untuk pelaku usaha yaitu agar usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha sudah berada di zona yang sesuai dengan peruntukkan nya. Hal ini juga mengantisipasi usaha yang beroperasi di luar sesuai zona peruntukkan itu. Penertiban ini juga berkat sudah terintergrasinya OSS RBA dengan Badan Pertanahan Nasional. BPN ini yang menggunakan database zona tiap kota / kabupaten di seluruh Indonesia.
PKKPR Agar Tidak Diblokir Pemerintah
Bagi pelaku usaha yang dengan modal usaha lebih dari Rp 5 Miliar adalah dengan mengantongi PKKPR maka sudah bisa melakukan Pengurusan perizinan berusaha dasar yang berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). Tanpa PKKPR berarti juga NIB akan diblokir dan wajib melalui proses PKKPR ini dahulu.
Rekomendasi Jasa Proses PKKPR OSS RBA Proses Cepat
Anda tidak perlu gelisah gundah gulana untuk menghadapi masalah perizinan dan jasa legalitas. Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan dokumen PKKPR dan proses PKKPR agar disetujui secara cepat, praktis dan dikerjakan secara professional. Kami sudah membantu ratusan perusahaan untuk urusan perizinan.
Alasan Memilih Kami :
- Buka 24 Jam selama 7 hari penuh tanpa libur
- Staff dan Tim operasional yang ahli di bidangnya
- Berpengalaman di bidang proses PKKPR OSS RBA
- Mahir berbahasa Inggris dan Mandarin
- Telah tersertifikasi ISO 9001 sebagai jaminan mutu
Mengenal OSS RBA
Mengenal OSS RBA adalah Aplikasi Perizinan yang berbasis risiko. Pada aplikasi ini telah digunakan KBLI 2020. Pada KBLI 2020 terdapat 169 KBLI baru yang didasarkan pada perkembangan dunia usaha dan bisnis pada saat ini.
OSS RBA adalah singkatan dari Online Single Submission Risk Based Application atau bahasa Indonesianya adalah OSS berbasis risiko yang menggantikan OSS 1.1 yang masih menggunakan KBLI 2017 yang mana telah usang dan ketinggalan jaman.
Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Investasi/BKPM tengah melakukan ujicoba untuk sistem perizinan yang baru ini yang dapat dilihat disini
Yang menarik dari OSS RBA ini adalah penerapan KBLI 2020 yang mana adalah pedoman klasifikasi bidang usaha yang dikeluarkan ole BPS pada tahun 2020 yang menggantikan KBLI 2017. Pada KBLI 2020 terdapat penyempurnaan KBLI dan penambahan KBLI baru sebanyak 169 KBLI, salah satunya yang baru adalah Aktivasi Konten Kreatif yang mewadahi para pelaku usaha industri konten kreatif seperti youtuber dan artis instagram serta pelaku usaha berbasis internet
Sebagai langkah mengenal OSS RBA, Pada KBLI 2020 ini juga dilakukan perbaikan serta peleburan beberapa KBLI 2017 seperti KBLI tentang Apotek serta KBLI tentang perkebunan yang harus jadi satu dengan industri pengolahan hasil perkebunan.
Bagi perusahaan yang telah berdiri dan sudah memiliki NIB bisa langsung melakukan akta perubahan untuk menyesuaikan dengan KBLI 2020 yang terbaru. Segera konsultasikan dengan kami disini
Rekomendasi Jasa Pengurusan PKKPR di Jakarta Proses Cepat
Meskipun menggunakan jasa legalitas dinilai memberi banyak kemudahan, seperti perizinan usaha cepat dan mudah, banyaknya layanan yang diberikan dan lainnya, namun Anda juga harus cermat dalam memilih jasa. Agar hasilnya maksimal, berikut beberapa tips mencari Rekomendasi Jasa Pengurusan PKKPR di Jakarta Proses Cepat yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:
1. Lihat Status Hukum Perusahaan
Saat mencari penyedia jasa Pengurusan OSS RBA, Anda jangan tergiur dengan penawaran yang menarik dan murah terlebih dahulu, tetapi lihat status hukum perusahaan penyedia jasa tersebut. Pastikan jika perusahaan tersebut legal atau memiliki badan hukum yang jelas serta mempunyai izin yang lengkap.
Anda bisa melihat profil perusahaan dengan baik dan teliti melalui website resmi, atau datang ke kantornya secara langsung . Jika legalitas perusahaan tersebut masih diragukan, lebih baik tinggalkan saja.
2. Mengetahui Riwayat Perusahaan
Untuk mengecek hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, Anda bisa langsung mencari tahu mengecek riwayat perusahaan. Apalagi di zaman sekarang, pasti biro jasa tersebut telah memiliki website resminya sendiri untuk berbagi informasi pada pelanggannya. Anda bisa mengecek riwayat perusahaan mulai dari tahun berdirinya perusahaan, testimoni dari pelanggan sebelumnya, kontak dan lainnya.
3. Mengetahui Layanan yang Diberikan
Setiap biro jasa perizinan pasti memiliki tawaran layanan yang berbeda-beda. untuk menarik minat calon pelanggan, biasanya mereka memberikan layanan lengkap, cepat dan mudah. Anda bisa mengetahui layanan yang diberikan terlebih dahulu, serta mempertimbangkan layanan tersebut apakah sesuai kebutuhan, menjanjikan atau tidak dan lainnya.
Prioritaskan perusahaan jasa pengurusan Legalitas dan perizinan yang kompeten dan profesional dalam mengurus perizinan.
4. Memberikan Jaminan Validasi
Jaminan validasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, di mana jaminan ini dibutuhkan ketika ada masalah. Perusahaan harus bisa mengatasi atau menghadapi resiko yang mungkin terjadi tanpa batas waktu. Mengingat saat mengurus PKKPR, seringkali ada kendala yang muncul. Perusahaan biro jasa yang profesional pasti sudah berpengalaman dalam mengatasi hal tersebut, sehingga tidak takut memberi jaminan validasi.
5. Mempertimbangkan Biaya
Anda perlu menyiapkan biaya untuk membayar jasa tersebut yang tentunya tidak murah namun disesuaikan dengan kelengkapan dokumen yang dimiliki. Jangan tertipu dengan harga yang murah dan tidak masuk akal, untuk menghindari terkena penipuan. Anda bisa membandingkan harga pasaran yang umum dan standar, serta memilih biaya yang sesuai dengan budget yang dimiliki.
Baca Juga : Jasa Izin Klinik Pratama