Pusat Jasa Pengurusan PKKPR Proses Cepat
Pusat Jasa Pengurusan PKKPR Proses Cepat syarat mudah dan bergaransi dokumen resmi PKKPR OSS RBA. Melayani nasional hub 08112121508
Salah satu dokumen yang menjadi unsur penting dalam rangkaian perizinan berusaha di Republik Indonesia adalah izin lokasi. Sejak era perizinan berusaha masih manual dan offline hingga proses perizinan berusaha sudah online keberadaan izin lokasi sudah ada dan menjadi unsur penting perizinan berusaha. Dokumen ini menunjukkan bahwa lokasi yang menjadi tempat berusaha pelaku usaha sudah sesuai dengan kegiatan berusaha dan zona kegiatan berusaha nya.
Kesesuaian ini sangat penting karena menghindari kesalahan zona penataan ruang kota / Kabupaten tidak sesuai dengan kegiatan berusaha pelaku usaha. Hal ini erat kaitan nya dengan zonasi dan rencana pembangunan kota / kabupaten. Bagi pelaku usaha yang melakukan kegiatan berusaha di luar dari zona yang telah ditentukan maka izin lokasi tidak bisa dikeluarkan oleh Pemerintah Kota / Kabupaten.
Izin Lokasi Era Online
Pada era modern sejak tahun 2017 pemerintah telah menerapkan sistem perizinan berusaha yang sudah berbasis teknologi alias online. Sistem online itu dinamakan Online Single Submission atau OSS versi 1.1. Pada sistem ini izin lokasi diterbitkan otomatis tanpa syarat untuk seluruh jenis dan pelaku usaha. Memang terdapat kelemahan pada sistem OSS 1.1 terkait dengan izin lokasi ini karena terdapat tumpang tindih dan ketidaksesuaian dengan zona lokasi usaha.
Izin Lokasi OSS RBA
Nah kemudian tahun 2021 telah mengsalami perubahan lagi dan perbaikan sistem perizinan berusaha. Mulai tahun itu telah diberlakukan sistem perizinan berusaha berbasis risiko atau OSS RBA yang mengelompokkan ulang kebijakan izin lokasi ini menjadi lebih baik dan lebih sempurna lagi. Pada sistem OSS RBA kali ini izin lokasi dibagi menjadi 2 kelompok . Kelompok pertama ada izin lokasi untuk pelaku usaha dengan modal usaha dibawah Rp 5 Miliar. Izin ini yang bernama Surat Pernyataan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang dan terbit otomatis. Sehingga untuk kelompok pertama ini tidak memerlukan proses yang ribet dan memusingkan kepala.
Berbeda lagi dengan izin lokasi yang ditetapkan untuk pelaku usaha dengan modal usaha diatas Rp 5 Miliar yang tidak terbit otomatis. Pada kelompok kedua ini ini izin lokasinya bernama Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) yang tidak terbit otomatis. Pelaku usaha wajib memenuhi seluruh persyaratan dan kesesuaian zona lokasi usaha dengan bidang usaha yang diajukan.
Proses PKKPR yang tidak mudah
Tidak mudahnya mendapatkan PKKPR Karena pemeriksaan dokumen persyaratan untuk mendapatkan PKKPR dilakukan oleh ATR/BPN. Lembaga ini mencocokkan permohonan PKKPR dengan kesesuaian zona yang ada di lokasi yang dimohonkan tersebut. Kemudian juga mencocokkan dengan data kepemilikan lokasi usaha. Proses validasi dan verifikasi ini memerlukan waktu 10-30 hari kerja dan apabila tidak sesuai atau ada revisi maka dokumen akan dikembalikan dan proses diiulang dari awal.
Fungsi PKKPR
Kali ini kita membahas mengenai PKKPR untuk pelaku usaha yaitu agar usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha sudah berada di zona yang sesuai dengan peruntukkan nya. Hal ini juga mengantisipasi usaha yang beroperasi di luar sesuai zona peruntukkan itu. Penertiban ini juga berkat sudah terintergrasinya OSS RBA dengan Badan Pertanahan Nasional. BPN ini yang menggunakan database zona tiap kota / kabupaten di seluruh Indonesia.
PKKPR Agar Tidak Diblokir Pemerintah
Bagi pelaku usaha yang dengan modal usaha lebih dari Rp 5 Miliar adalah dengan mengantongi PKKPR maka sudah bisa melakukan Pengurusan perizinan berusaha dasar yang berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). Tanpa PKKPR berarti juga NIB akan diblokir dan wajib melalui proses PKKPR ini dahulu.
Pusat Jasa Pengurusan PKKPR Proses Cepat
Anda tidak perlu gelisah gundah gulana untuk menghadapi masalah perizinan dan jasa legalitas. Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan dokumen PKKPR dan proses PKKPR agar disetujui secara cepat, praktis dan dikerjakan secara professional. Kami sudah membantu ratusan perusahaan untuk urusan perizinan.
Alasan Memilih Kami :
- Buka 24 Jam selama 7 hari penuh tanpa libur
- Staff dan Tim operasional yang ahli di bidangnya
- Berpengalaman di bidang proses PKKPR OSS RBA
- Mahir berbahasa Inggris dan Mandarin
- Telah tersertifikasi ISO 9001 sebagai jaminan mutu
Mengenal OSS RBA
Mengenal OSS RBA adalah Aplikasi Perizinan yang berbasis risiko. Pada aplikasi ini telah digunakan KBLI 2020. Pada KBLI 2020 terdapat 169 KBLI baru yang didasarkan pada perkembangan dunia usaha dan bisnis pada saat ini.
OSS RBA adalah singkatan dari Online Single Submission Risk Based Application atau bahasa Indonesianya adalah OSS berbasis risiko yang menggantikan OSS 1.1 yang masih menggunakan KBLI 2017 yang mana telah usang dan ketinggalan jaman.
Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Investasi/BKPM tengah melakukan ujicoba untuk sistem perizinan yang baru ini yang dapat dilihat disini
Yang menarik dari OSS RBA ini adalah penerapan KBLI 2020 yang mana adalah pedoman klasifikasi bidang usaha yang dikeluarkan ole BPS pada tahun 2020 yang menggantikan KBLI 2017. Pada KBLI 2020 terdapat penyempurnaan KBLI dan penambahan KBLI baru sebanyak 169 KBLI, salah satunya yang baru adalah Aktivasi Konten Kreatif yang mewadahi para pelaku usaha industri konten kreatif seperti youtuber dan artis instagram serta pelaku usaha berbasis internet
Sebagai langkah mengenal OSS RBA, Pada KBLI 2020 ini juga dilakukan perbaikan serta peleburan beberapa KBLI 2017 seperti KBLI tentang Apotek serta KBLI tentang perkebunan yang harus jadi satu dengan industri pengolahan hasil perkebunan.
Bagi perusahaan yang telah berdiri dan sudah memiliki NIB bisa langsung melakukan akta perubahan untuk menyesuaikan dengan KBLI 2020 yang terbaru. Segera konsultasikan dengan kami disini
Pusat Jasa PKKPR OSS RBA Proses Cepat
Meskipun menggunakan jasa legalitas dinilai memberi banyak kemudahan, seperti perizinan usaha cepat dan mudah, banyaknya layanan yang diberikan dan lainnya, namun Anda juga harus cermat dalam memilih jasa. Agar hasilnya maksimal, berikut beberapa tips mencari Pusat Jasa Pengurusan PKKPR Proses Cepat yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:
1. Lihat Status Hukum Perusahaan
Saat mencari penyedia jasa Pengurusan OSS RBA, Anda jangan tergiur dengan penawaran yang menarik dan murah terlebih dahulu, tetapi lihat status hukum perusahaan penyedia jasa tersebut. Pastikan jika perusahaan tersebut legal atau memiliki badan hukum yang jelas serta mempunyai izin yang lengkap.
Anda bisa melihat profil perusahaan dengan baik dan teliti melalui website resmi, atau datang ke kantornya secara langsung . Jika legalitas perusahaan tersebut masih diragukan, lebih baik tinggalkan saja.
2. Mengetahui Riwayat Perusahaan
Untuk mengecek hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, Anda bisa langsung mencari tahu mengecek riwayat perusahaan. Apalagi di zaman sekarang, pasti biro jasa tersebut telah memiliki website resminya sendiri untuk berbagi informasi pada pelanggannya. Anda bisa mengecek riwayat perusahaan mulai dari tahun berdirinya perusahaan, testimoni dari pelanggan sebelumnya, kontak dan lainnya.
3. Mengetahui Layanan yang Diberikan
Setiap biro jasa perizinan pasti memiliki tawaran layanan yang berbeda-beda. untuk menarik minat calon pelanggan, biasanya mereka memberikan layanan lengkap, cepat dan mudah. Anda bisa mengetahui layanan yang diberikan terlebih dahulu, serta mempertimbangkan layanan tersebut apakah sesuai kebutuhan, menjanjikan atau tidak dan lainnya.
Prioritaskan perusahaan jasa pengurusan Legalitas dan perizinan yang kompeten dan profesional dalam mengurus perizinan.
4. Memberikan Jaminan Validasi
Jaminan validasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, di mana jaminan ini dibutuhkan ketika ada masalah. Perusahaan harus bisa mengatasi atau menghadapi resiko yang mungkin terjadi tanpa batas waktu. Mengingat saat mengurus PKKPR, seringkali ada kendala yang muncul. Perusahaan biro jasa yang profesional pasti sudah berpengalaman dalam mengatasi hal tersebut, sehingga tidak takut memberi jaminan validasi.
5. Mempertimbangkan Biaya
Anda perlu menyiapkan biaya untuk membayar jasa tersebut yang tentunya tidak murah namun disesuaikan dengan kelengkapan dokumen yang dimiliki. Jangan tertipu dengan harga yang murah dan tidak masuk akal, untuk menghindari terkena penipuan. Anda bisa membandingkan harga pasaran yang umum dan standar, serta memilih biaya yang sesuai dengan budget yang dimiliki.
Baca Juga : Jasa Izin Klinik Pratama