Cara Mengurus Izin Apotek Yang Tepat!
Cara Mengurus Izin Apotek yang benar terbaru dengan OSS RBA. Dilengkapi dengan panduan dan procedur izin apotek> Hub 08112121508 untuk konsultasi
Bisnis dalam bidang kesehatan memang menjadi salah satu peluang bisnis yang besar. Oleh karena itu, memiliki pemikiran untuk membangun apotek juga keputusan yang tepat, Bagi Anda yang ingin melakukan ini, maka ketahui cara mengurus izin apotek lebih dahulu.
Inilah Cara Mengurus Izin Apotek Benar
Membangun apotek dan mengoperasikannya perlu izin yang jelas. Anda tidak dapat langsung mendirikan bangunan ini tanpa izin. Oleh karena itu, urus lebih dahulu izinnya dengan ikuti beberapa langkah yang kami jelaskan ini.
Kirimkan surat permohonan kepada Dinas Kesehatan
Apotek merupakan tempat yang menjadi bagian penting untuk masyarakat. Oleh karena itu, permohonan izin harus Anda ajukan langsung kepada Dinas Kesehatan di daerah Anda. Minimal Dinas Kesehatan tingkat kota atau kabupaten.
Apoteker harus langsung pergi mengajukan surat ini sendiri. Bila surat diwakilkan maka harus menyertakan surat kuasa. Tidak adanya surat kuasa hanya akan membuat Anda mengalami kegagalan dalam mengajukan surat permohonan ini.
Survei langsung
Kali ini, hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan tidak salah memasukkan alamat dalam tahapan cara mengurus izin apotek ini. Sebab, kesalahan alamat akan menyebabkan survei dilakukan pada tempat yang salah.
Adanya hal ini membuat Anda berpeluang besar mengalami kegagalan dalam perizinan mengingat tugas apoteker tidak mengizinkan adanya kelalaian. Pastikan alamat Anda sudah benar dan tunggu bagian dinas kesehatan.
Biasanya bagian dinas kesehatan akan mengirimkan beberapa orang. Staff dari bagian dinas dan juga ahli dari BPOM. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan semua alat yang Anda gunakan merupakan alat yang steril dan masih layak pakai.
Surat permohonan kesiapan pendirian apotek
BPOM yang datang bila sudah menyetujui Anda membangun apotek, maka aka nada surat permohonan kesiapan pendirian apotek. Surat permohonan ini merupakan rekomendasi dari BPOM yang penting dalam cara mengurus izin apotek ini.
Dengan adanya surat ini, maka langkah Anda untuk mendirikan apotek akan semakin dekat. Pada saat ini, hal yang harus Anda lakukan hanyalah satu langkah yang sangat sederhana. Cukup tunggu hingga hasil yang diberikan keluar.
Bila Anda berhasil lolos dari dinas kesehatan, maka nantinya akan ada surat izin apotek yang menjadi milik Anda. Kehadiran surat itu menandakan Anda telah siap untuk membangun apotek dan melayani masyarakat.
Biaya Perizinan
Setelah mendapatkan semua hal tersebut, maka kini saat yang tepat bagi Anda untuk pergi ke bagian administrasi. Tentu saja, pendirian apotek akan memungut sejumlah biaya sebagai biaya perizinan.
Tenang saja, bayar yang akan diminta kepada Anda bukanlah nominal yang tinggi. Anda hanya akan menemukan biaya minimum sebesar 250 ribu. Nominal ini tentunya setimpal dengan profit yang nantinya akan Anda temukan.
Menunggu konfirmasi
Lunaskan nominal biaya sebelumnya dan tunggu perizinan Anda dikonfirmasi. Surat yang sudah Anda dapatkan biasanya tidak akan berfungsi pada hari itu. Akan tetapi, butuh beberapa hari sebelum dinyatakan aktif.
Untuk Anda yang penasaran mengenai lama waktunya, maka kami akan menjelaskan bahwa biasanya waktu konfirmasi ini berkisar 1-2 minggu. Tunggulah selama 14 hari dan temukan surat tersebut sudah aktif.
Dengan melakukan semua hal yang ada sebelumnya, maka cara mengurus izin apotek telah Anda lakukan dengan benar. Bagaimana? Hal ini tidak sesulit yang Anda bayangkan selama ini, bukan?