Rekomendasi Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Kota Surabaya
Rekomendasi Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Kota Surabaya yang terpercaya yang sudah menggunakan kode KBLI Klinik Pratama OSS RBA
Belakangan ini memang banyak sekali perusahaan jasa yang menawarkan jasa pengurusan izin klinik di Surabaya. Namun diantara sekian banyak perusahaan jasa tersebut tidak semuanya terpercaya dan dapat diandalkan untuk ditunjuk sebagai perusahaan jasa yang membantu mendapatkan izin klinik di Surabaya. Hal ini karena memang di Surabaya adalah kota yang unik yang memiliki perbedaan dibandingkan dengan kota kota lain di Indonesia.
Meskipun kita tahu bersama bahwa sejak tahun 2021, izin klinik berpindah kewenangan dari Pemerintah kota ke sistem Perizinan berbasis risiko atau biasa dikenal dengan sistem OSS RBA. Penggantian ini juga berdampak pada persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pemilik klinik baik persiapan berupa sarana prasarana maupun persiapan dokumen permohonan izin klinik.
Sedangkan peran dari pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya tetap vital dengan mengeluarkan persetujuan teknis pendirian klinik pratama / klinik utama. Dokumen persetujuan ini diberikan setelah Dinkes melakukan pemeriksaan sarana prasarana dan dokumen persyaratan prermohonan izin klinik dan surat ini berlaku selama 6 bukan. Persetujuan ini adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan izin klinik disamping banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik klinik bila ingin mendapatkan izin klinik secara resmi dan sah.
Daftar Persyaratan Izin Klinik Pratama Surabaya :
- IMB fungsi klinik / Pelayanan kesehatan
- SIP seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di klinik
- Izin Lingkungan berupa SPPL untuk klinik rawat jalan dan UKL UPL untuk klinik rawat inap
- MoU Limbah Medis B3 dan non medis B3
- Persetujuan Teknis Klinik Pratama / Utama Dinas Kesehatan Kota Surabaya
- Denah Ruangan klinik lengkap dengan keterangan ukuran ruangan dan penamaan ruangan klinik
- Denah lokasi klinik
- Surat sewa minimal 5 tahun bila lokasi klinik bukan milik sendiri
- Surat domisili klinik
- Profil klinik lengkap dengan visi misi klinik, jam dan hari operasional klinik dan daftar tenaga kerja yang bekerja di klinik
- Dokumen Self Assessment Klinik sesuai dengan regulasi terbaru PMK 14 tahun 2021
- PBB dan bukti pembayaran PBB terbaru
- NIB dan Sertifikat Standar OSS RBA
- Scan Akta Notaris dan SK KemenkumHAM bila pemohon adalah badan hukum/perusahaan
IMB harus IMB Fungsi Klinik
Salah satu hal yang membuat izin klinik di Surabaya rumit adalah kewajiban untuk mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) fungsi klinik / pelayanan kesehatan. Kewajiban ini berlaku untuk bangunan yang akan dijadikan klinik baik itu yang berstatus sewa maupun milik sendiri. Izin Klinik tidak akan dikeluarkan apabila IMB nya belum berfungsi klinik / pelayanan kesehatan dań harus diubah dahulu menjadi IMB Klinik / Pelayanan kesehatan.
Pengurusan IMB baru atau perubahan fungsi IMB lama ini sangat rumit dan memerlukan prosedur dan proses yang besar. Anda diwajibkan untuk menggambar ulang dan memenuhi seluruh persyaratan untuk mendapatkan IMB Klinik ini. Pada tahap ini Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya yang berwenang menyetujui dan mengeluarkan IMB ini.
Begitu banyak dokumen persyaratan untuk mendapatkan izin klinik pratama karena memang klinik bersinggungan langsung dengan keselamatan nyawa manusia. So ! tentu saja berkas persyaratan memerlukan persetujuan banyak dinas, instansi di pemerintahan hingga organisasi profesi. So ! untuk memenuhi seluruh dokumen persyaratan diperlukan konsentrasi, fokus, energi dan waktu yang besar. Apalagi bila SDM terbatas dan pengetahuan Anda tentang izin klinik juga sedikit maka akan sangat menyulitkan untuk mendapatkan izin klinik milik Anda
Rekomendasi Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Kota Surabaya Terpercaya
So ! langkah yang paling bijak adalah Anda mencari dan menunjuk perusahaan jasa yang memang sudah berpengalaman di bidang izin klinik ini yang sudah mengerti alur dan jalur izin klinik serta paham dengan regulasi terbaru izin klinik yaitu OSS RBA. Penunjukkan ini akan memperingan tugsas Anda dan Anda bisa mengalihkan waktu, energi dan konsentrasi untuk hal lain yang lebih penting terkait pembukaan klinik baru milik Anda
Alasan Memilih Kami :
- Memiliki Kantor di Surabaya dan di Bandung
- Berpengalaman di bidang izin klinik lebih dari 2 tahun
- Sudah mengantongi sertifikat ISO 9001 yang menunjukkan manajemen yang baik
- Memiliki tim operasional yang bergerak cepat membantu Anda
- Buka 24 jam tanpa tutup
- Free konsultasi
- Didukung oleh Tim notaris berpengalaman dan ahli hukum senior
Hubungi kami segera untuk konsultasi dengan kami Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya Terpercaya Berpengalaman 08112121508