Pilihan Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya

Pilihan Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya Terpercaya dan berpengalaman yang sudah menggunakan kode KBLI Klinik Pratama OSS RBA

Diakui atau tidak saat ini banyak sekali perusahaan jasa yang menawarkan jasa pengurusan izin klinik pratama di Surabaya. Namun diantara sekian banyak perusahaan jasa tersebut hanya sedikit yang benar benar bisa dan sudah terbiasa dan memiliki pengalaman dalam mengurus izin klinik di Kota Surabaya karena Surabaya memang cukup unik bila ingin mendapatkan izin klinik. Berbeda dengan kota kota lain yang ada di Indonesia, di Surabaya proses mendapatkan izin klinik sangat ribet dan membingungkan.

Regulasi Baru Izin Klinik OSS RBA

Kebingungan ini semakin bertambah karena izin klinik sejak tahun 2021 telah mengalami perubahan kewenangan dari Pemerintah Kota Surabaya kepada sistem perizinan berbasis risiko atau OSS RBA. Perubahan ini juga membawa dampak pada perubahan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon izin klinik yang tentu saja semakin membingungkan dan rumit untuk dipenuhi. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada dokumen administrasi izin klinik namun juga terjadi penyesuaian persyaratan sarana prasarana klinik yang menyesuaikan dengan sistem OSS RBA tersebut.

contoh izin klinik pratama oss rba
contoh izin klinik pratama oss rba

Sementara itu tugas dan kewenangan Pemerintah Kota Surabaya hanya mengeluarkan Pertimbangan persetujuan teknis pendirian klinik pratama dan klinik utama yang dikelusarkan setelah melakukan pemeriksaan sarana prasarana dan dokumen persyaratan izin klinik. Persetujuan ini memiliki batas waktu 6 bulan sejak tanggal dikeluarkan dan merupakan salah satu syarat utama untuk mendapatkan izin klinik.

contoh pertimbangan pendirian klinik surabaya
contoh pertimbangan pendirian klinik surabaya
Wajib Ber IMB Klinik / Fungsi Pelayanan Kesehatan

Seluruh pemohon izin klinik baik yang pemohon baru maupun pemohon perpanjangan izin klinik wajib untuk menyertakan atau mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB ) Fungsi klinik atau fungsi pelayan kesehatan. Dokumen ini adalah dokumen vital yang harus dipenuhi oleh pemohon izin klinik di Kota Surabaya. Tidak mudah memang untuk mendapatkan dokumen IMB fungsi klinik ini namun memang adalah suatu kewajiban untuk dipenuhi bila ingin mendapatkan izin klinik secara resmi , sah dan legal.

contoh imb klinik surabaya
contoh imb klinik surabaya

Selain IMB yang harus fungsi Klinik / Pelayanan kesehatan, masih banyak dokumen yang harus dipenuhi dan daftar sarana prasarana klinik yang harus dipenuhi oleh pemilik klinik.

Sarana dan Prasarana klinik yang harus di Penuhi :
  • Ruang Konsultasi
  • Ruang Menyusui
  • Tersedia Ruang Farmasi
  • Terdapat Ruang Tindakan
  • Memiliki Ruang emergensi medis
  • Tersedia obat obatan darurat medis di klinik
  • Fasilitas sampah medis dan bak sampah non medis
  • Dilengkapi dengan kamar mandi minimal 2 kamar mandi untuk pasien dan untuk dokter/karyawan klinik
  • Memiliki Ruang tunggu pasien
  • Terdapat ruang penyimpanan B3 dengan freezer.
  • Dilengkapi dengan wastafel pada Ruang tindakan dan Ruang konsultasi
  • Memiliki unit APAR minimal 1 unit pada tiap lantai nya
  • Sirkulasi udara dan pencahayaan matahari yang memadai
Persyaratan Izin Klinik OSS RBA Terbaru :
  • IMB Fungsi Klinik / Fasilitas kesehatan dan tidak bisa jadi satu dengan rumah / tempat tinggal
  • Surat Izin Praktik untuk seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di klinik
  • MoU Limbah Medis dan MoU B3 non medis
  • Izin Lingkungan berupa SPPL untuk klinik rawat jalan dan UKL UPL untuk klinik rawat inap
  • Dokumen Penilaian Mandiri / self assesmen
  • Foto KTP dan NPWP pemilik klinik
  • Izin Tata Ruang dari Dinas Tata Ruang sesuai domisili klinik
  • Persetujuan Pendirian Klinik dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas sesuai domisili klinik
  • Denah ruangan klinik lengkap beserta ukuran dan keterangan tiap ruangan di klinik tersebut.
  • Scan IMB dan Sertifikat tanah lokasi klinik.
  • Scan PBB dan bukti bayar PBB terbaru
  • Denah menuju ke klinik / geotag lokasi klinik
  • Profil klinik lengkap dengan jam operasional klinik.
Pilihan Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya

Banyaknya persyaratan tersebut tentu saja membuat Anda kerepotan bila melakukan pemrosesan dokumen secara mandiri dan tentu saja harus mempersiapkan waktu dan energi yang cukup besar. Solusi yang paling baik adalah Anda mencari dan menunjuk perusahaan penyedia jasa yang memang kompeten di bidang pengurusan izin klinik di kota Surabaya. Penunjukkan ini akan menghemat waktu dan energi Anda sehingga bisa Anda alihkan untuk pengurusan hal lain yang lebih penting.

Biro Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya
Biro Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya
Alasan Memilih Kami :
  • Memiliki Kantor di Surabaya dan di Bandung
  • Berpengalaman di bidang izin klinik lebih dari 2 tahun
  • Sudah mengantongi sertifikat ISO 9001 yang menunjukkan manajemen yang baik
  • Memiliki tim operasional yang bergerak cepat membantu Anda
  • Buka 24 jam tanpa tutup
  • Free konsultasi
  • Didukung oleh Tim notaris berpengalaman dan ahli hukum senior

jasa pengurusan izin klinik

Hubungi kami di 08112121508 untuk Daftar Pilihan Jasa Pengurusan Izin Klinik Pratama di Surabaya Terdekat melayani jasa pengurusan izin klinik pratama maupun klinik utama, klinik rawat jalan hingga klinik rawat inap di Surabaya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada pertanyaan? Silahkan Chat Kami