Biro Jasa Pengurusan PKKPR Terbit Otomatis di Samarinda Kilat

Biro Jasa Pengurusan PKKPR Terbit Otomatis di Samarinda Kilat 1 hari terbit syarat mudah resmi OSS RBA. Jasa Urus PKKPR Terbit Otomatis Samarinda

Memang saat ini, pemerataan pembangunan di Indonesia tidak hanya terjadi di Pulau Jawa saja melainkan terjadi juga di Kalimantan. Apalagi saat ini ibukota negara akan dipindah ke Kalimantan. So ! hal ini juga membawa dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di Kalimantan.

Hal ini terlihat di Samarinda di Kalimantan Timur, kota yang tumbuh besar ini memang menjadi magnet bagi investor multi sektor. Baik itu investor dalam negeri maupun investor dengan investasi asing. Tentu saja selain letaknya yang strategis, Samarinda ini juga provinsi dengan penduduk terbanyak di kalimantan.

Nah tumbuh dan berkembangnya iklim investasi ini juga terlihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang berdiri dan beroperasi di Samarinda ini. Baik itu pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah atau UMKM hingga usaha besar. Jumlahnya meningkat tajam.

Jumlah yang meningkat ini juga dipengaruhi perubahan pola perilaku belanja masyarakat yang saat ini mayoritas dilakukan secara online. So ! hal ini membuat tidak ada batasan lokasi antara penyedia barang dan jasa dengan pembeli.

Wajib Memiliki NIB

Seluruh pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usahanya di wilayah Republik Indonesia wajib sudah memiliki izin usaha dan izin operasional. Setidaknya pelaku usaha sudah terdaftar di administrasi legal negara ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Berusaha atau NIB

Mengenal NIB

NIB adalah dokumen pengganti Tanda Daftar Usaha / Tanda Daftar Perusahaan yang mulai diperkenalkan pada tahun 2018 an. Pada kala itu mulai diberlakukan sistem perizinan berusaha online. Sistem ini diberinama Online Single Submission atau OSS versi 1.1

Pada sistem OSS versi 1.1 ini seluruh pelaku usaha bisa mendapatkan NIB secara otomatis secara online. Tanpa syarat yang membingungkan dan tidak ada antrian seperti pengurusan TDP yang masih offline. Begitu cepat dan mudah.

NIB Era OSS RBA

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan sosial ekonomi baik itu tingkat regional maupun tingkat internasional maka pada tahun 2020 terjadi pembaharuan sistem perizinan berusaha yang baru. Sistem baru ini diberi nama Online Single Submission Risk Based Approach atau biasa dikenal dengan OSS RBA.

NIB NON UMK Tidak Terbit Otomatis

Nah salah satu hal yang baru dan membedakan dengan OSS versi 1.1 adalah NIB NON UMK tidak lagi bisa secara otomatis mendapatkan NIB. Untuk mendapatkan NIB NON UMK ini maka pelaku usaha harus terlebih dahulu mendapatkan izin lokasi.

Apa itu usaha NON UMK

Kelompok usaha NON UMK adalah usaha yang memiliki modal usaha diatas Rp 5 Miliar. Yang termasuk dalam usaha NON UMK ini adalah pelaku usaha dengan investasi dalam negeri maupun investasi asing. Baik itu perorangan atau perusahaan. Selama memiliki modal usaha diatas Rp 5 Miliar maka termasuk NON UMK.

Izin Lokasi Era OSS RBA

Setelah sekian lama diimplementasikan, pada tahun 2021 telah terdapat peraturan baru yang mengatur mengenai izin lokasi. Pada tahun tersebut dilaksanakan sistem perizinan berbasis risiko atau OSS RBA. Sistem perizinan OSS RBA ini mengubah mekanisme izin lokasi.

Izin lokasi dibagi menjadi 2 kelompok besar. Pada kelompok pertama untuk usaha dengan modal dibawah Rp 5 Miliar yang izin lokasinya bernama Surat Pernyataan Kesesuaian Tata Ruang yang terbit otomatis.

Sedangkan untuk pelaku usaha dengan modal diatas Rp 5 Miliar izin lokasinya bernama Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang atau yang biasa disingkat PKKPR.

Mengenal PKKPR

Seperti yang sudah kita singgung diatas PKKPR adalah singkatan dari Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang adalah izin lokasi untuk pelaku usaha NON UMK. Dokumen izin lokasi PKKPR ini adalah pengganti izin usaha yang mulai diberlakukan sejak diberlakukan nya sistem perizinan berbasis risiko di tahun 2021.

Untuk usaha UMKM izin lokasi  dinamakan Surat Pernyataan Kesesuaian Tata Ruang yang terbit otomatis di akun OSS pelaku usaha. Pada PKKPR inilah yang sering menemui kesulitan karena ketatnya pemeriksaan dokumen persyaratan PKKPR.

jasa pkkpr terbit otomatis
jasa pkkpr terbit otomatis

Proses PKKPR yang tidak mudah

Tidak mudahnya mendapatkan PKKPR Karena pemeriksaan dokumen persyaratan untuk mendapatkan PKKPR dilakukan oleh ATR/BPN. Lembaga ini mencocokkan permohonan PKKPR dengan kesesuaian zona yang ada di lokasi yang dimohonkan tersebut. Kemudian juga mencocokkan dengan data kepemilikan lokasi usaha. Proses validasi dan verifikasi ini memerlukan waktu 10-30 hari kerja dan apabila tidak sesuai atau ada revisi maka dokumen akan dikembalikan dan proses diiulang dari awal.

jasa kkpr oss rba
jasa kkpr oss rba

Fungsi PKKPR

Kali ini kita membahas mengenai PKKPR untuk pelaku usaha yaitu agar usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha sudah berada di zona yang sesuai dengan peruntukkan nya. Hal ini juga mengantisipasi usaha yang beroperasi di luar sesuai zona peruntukkan itu.

Penertiban ini juga berkat sudah terintergrasinya OSS RBA dengan Badan Pertanahan Nasional. BPN ini yang menggunakan database zona tiap kota / kabupaten di seluruh Indonesia.

contoh pkkpr
contoh pkkpr
contoh peta zonasi
contoh peta zonasi

PKKPR Agar Tidak Diblokir Pemerintah

Bagi pelaku usaha yang dengan modal usaha lebih dari Rp 5 Miliar adalah dengan mengantongi PKKPR maka sudah bisa melakukan Pengurusan perizinan berusaha dasar yang berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). Tanpa PKKPR berarti juga NIB akan diblokir dan wajib melalui proses PKKPR ini dahulu.

notifikasi blokir akun OSS RBA PKKPR
notifikasi blokir akun OSS RBA PKKPR
contoh NIB NON UMK
contoh NIB NON UMK

Biro Jasa Pengurusan PKKPR Terbit Otomatis di Samarinda Kilat

Bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia kini Anda tidak perlu gelisah gundah gulana untuk menghadapi masalah perizinan dan jasa legalitas. Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan dokumen PKKPR dan proses PKKPR agar disetujui secara cepat, praktis dan dikerjakan secara professional. Kami sudah membantu ratusan perusahaan untuk urusan perizinan.

Jasa PKKPR OSS RBA Proses Cepat Syarat Mudah
Jasa PKKPR OSS RBA Proses Cepat Syarat Mudah
Alasan Memilih Kami :
  • Buka 24 Jam selama 7 hari penuh tanpa libur
  • Staff dan Tim operasional yang ahli di bidangnya
  • Berpengalaman di bidang proses PKKPR OSS RBA
  • Mahir berbahasa Inggris dan Mandarin
  • Telah tersertifikasi ISO 9001 sebagai jaminan mutu

Mengenal OSS RBA

Mengenal OSS RBA adalah Aplikasi Perizinan yang berbasis risiko. Pada aplikasi ini telah digunakan KBLI 2020. Pada KBLI 2020 terdapat 169 KBLI baru yang didasarkan pada perkembangan dunia usaha dan bisnis pada saat ini.

OSS RBA adalah singkatan dari Online Single Submission Risk Based Application atau bahasa Indonesianya adalah OSS berbasis risiko yang menggantikan OSS 1.1 yang masih menggunakan KBLI 2017 yang mana telah usang dan ketinggalan jaman.

Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Investasi/BKPM tengah melakukan ujicoba untuk sistem perizinan yang baru ini yang dapat dilihat disini

tampilan oss rba
tampilan oss rba

Yang menarik dari OSS RBA ini adalah penerapan KBLI 2020 yang mana adalah pedoman klasifikasi bidang usaha yang dikeluarkan ole BPS pada tahun 2020 yang menggantikan KBLI 2017. Pada KBLI 2020 terdapat penyempurnaan KBLI dan penambahan KBLI baru sebanyak 169 KBLI, salah satunya yang baru adalah Aktivasi Konten Kreatif yang mewadahi para pelaku usaha industri konten kreatif seperti youtuber dan artis instagram serta pelaku usaha berbasis internet

Sebagai langkah mengenal OSS RBA, Pada KBLI 2020 ini juga dilakukan perbaikan serta peleburan beberapa KBLI 2017 seperti KBLI tentang Apotek serta KBLI tentang perkebunan yang harus jadi satu dengan industri pengolahan hasil perkebunan.

Bagi perusahaan yang telah berdiri dan sudah memiliki NIB bisa langsung melakukan akta perubahan untuk menyesuaikan dengan KBLI 2020 yang terbaru. Segera konsultasikan dengan kami disini

jasa pengurusan izin operasional klinik pratama
jasa pengurusan izin operasional klinik pratama
Biro Jasa Pengurusan PKKPR Terbit Otomatis di Samarinda Kilat

Meskipun menggunakan jasa legalitas dinilai memberi banyak kemudahan, seperti perizinan usaha cepat dan mudah, banyaknya layanan yang diberikan dan lainnya, namun Anda juga harus cermat dalam memilih jasa. Agar hasilnya maksimal, berikut beberapa tips mencari Biro Jasa Urus PKKPR OSS RBA Proses Cepat Resmi yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:

1. Lihat Status Hukum Perusahaan

Saat mencari penyedia jasa Pengurusan OSS RBA, Anda jangan tergiur dengan penawaran yang menarik dan murah terlebih dahulu, tetapi lihat status hukum perusahaan penyedia jasa tersebut. Pastikan jika perusahaan tersebut legal atau memiliki badan hukum yang jelas serta mempunyai izin yang lengkap.
Anda bisa melihat profil perusahaan dengan baik dan teliti melalui website resmi, atau datang ke kantornya secara langsung . Jika legalitas perusahaan tersebut masih diragukan, lebih baik tinggalkan saja.

2. Mengetahui Riwayat Perusahaan

Untuk mengecek hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, Anda bisa langsung mencari tahu mengecek riwayat perusahaan. Apalagi di zaman sekarang, pasti biro jasa tersebut telah memiliki website resminya sendiri untuk berbagi informasi pada pelanggannya. Anda bisa mengecek riwayat perusahaan mulai dari tahun berdirinya perusahaan, testimoni dari pelanggan sebelumnya, kontak dan lainnya.

jasa izin klinik di bandung
konsultan legalitas usaha
3. Mengetahui Layanan yang Diberikan

Setiap biro jasa perizinan  pasti memiliki tawaran layanan yang berbeda-beda. untuk menarik minat calon pelanggan, biasanya mereka memberikan layanan lengkap, cepat dan mudah. Anda bisa mengetahui layanan yang diberikan terlebih dahulu, serta mempertimbangkan layanan tersebut apakah sesuai kebutuhan, menjanjikan atau tidak dan lainnya.

Prioritaskan perusahaan jasa pengurusan Legalitas dan perizinan yang kompeten dan profesional dalam mengurus perizinan.

4. Memberikan Jaminan Validasi

Jaminan validasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, di mana jaminan ini dibutuhkan ketika ada masalah. Perusahaan harus bisa mengatasi atau menghadapi resiko yang mungkin terjadi tanpa batas waktu. Mengingat saat mengurus PKKPR, seringkali ada kendala yang muncul. Perusahaan biro jasa  yang profesional pasti sudah berpengalaman dalam mengatasi hal tersebut, sehingga tidak takut memberi jaminan validasi.

5. Mempertimbangkan Biaya

Anda perlu menyiapkan biaya untuk membayar jasa tersebut yang tentunya tidak murah namun disesuaikan dengan kelengkapan dokumen yang dimiliki. Jangan tertipu dengan harga yang murah dan tidak masuk akal, untuk menghindari terkena penipuan. Anda bisa membandingkan harga pasaran yang umum dan standar, serta memilih biaya yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga : Jasa Izin Klinik Pratama

Daftar KBLI 2020 TERBARU

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada pertanyaan? Silahkan Chat Kami