Biaya Jasa Izin Klinik Pratama di Surabaya
Biaya Jasa Izin Klinik Pratama di Surabaya terbaru yang sudah menggunakan kode KBLI Klinik Pratama OSS RBA. Solusi jasa izin klinik pratama surabaya
Ya, kami adalah perusahaan penyedia jasa yang sudah sangat berpengalaman di bidang izin klinik pratama maupun klinik utama di kota surabaya. Kami menyediakan solusi terbaik cepat dan transparan untuk mendapatkan izin klinik pratama di Kota yang dijuluki dengan Kota Pahlawan ini. Kehadiran kami akan sangat membantu Anda pemohon izin klinik mendapatkan izin klinik miliknya secara tepat dan cepat.
Rumitnya Mendapatkan Izin Klinik di Surabaya
Sebagaimana kita ketahui bersama, untuk mendapatkan izin klinik bukan perkara yang mudah dan sederhana. Hal ini Karena banyak sekali persyaratan yang musti dilengkapi oleh pemilik klinik baik itu persyaratan Dokumen maupun persyaratan sarana prasarana. Seluruh persyaratan ini bila dipenuhi sendiri oleh pemohon izin klinik tentu akan menghabiskan waktu dan energi serta biaya wira wiri yang tidak sedikit.
Apalagi bila pemohon izin klinik tidak memiliki cukup pengalaman dalam mengurus perizinan klinik di Kota Surabaya tentu akan sangat membingungkan. Izin klinik juga tipikal izin lintas dinas, artinya perlu persetujuan lebih dari 1 dinas dan hal ini sungguh membingungkan.
Model Baru Izin Klinik
Belum selesai sampai disitu, saat ini izin klinik bukan lagi kewenangan Pemerintah Kota Surabaya dan sudah dialihkan ke OSS RBA. Perubahan kewenangan yang dimulai tahun 2021 juga membawa perubahan persyaratan dan penyesuaian persyaratan izin klinik
Sementara itu tugas dari Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya hanya mengeluarkan persetujuan pertimbangan pendirian klinik pratama dan klinik utama. Dokumen ini bukanlah izin klinik dan berlaku selama 6 bulan serta diberikan setelah melakukan pemeriksaan persyaratan sarana prasarana serta kelengkapan dokumen persyaratan izin klinik.
Persetujuan Pendirian Klinik ini adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan izin klinik atau yang saat ini disebut Sertifikat Standar Telah Terverifikasi.
Daftar Persyaratan Izin Klinik Pratama di Surabaya :
- IMB fungsi klinik / Pelayanan kesehatan
- SIP seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di klinik
- Izin Lingkungan berupa SPPL untuk klinik rawat jalan dan UKL UPL untuk klinik rawat inap
- MoU Limbah Medis B3 dan non medis B3 dan MoU Limbah Medis Cair untuk Klinik Gigi
- Persetujuan Teknis Klinik Pratama / Utama Dinas Kesehatan Kota Surabaya
- Denah Ruangan klinik lengkap dengan keterangan ukuran ruangan dan penamaan ruangan klinik
- Memiliki ruang menyusui dan ruang emergensi medis
- Denah lokasi klinik
- Surat sewa minimal 5 tahun bila lokasi klinik bukan milik sendiri
- Surat domisili klinik yang dikeluarkan oleh kelurahan sesuai domisili klinik
- Profil klinik lengkap dengan visi misi klinik, jam dan hari operasional klinik dan daftar tenaga kerja yang bekerja di klinik
- Dokumen Self Assessment Klinik sesuai dengan regulasi terbaru PMK 14 tahun 2021
- PBB dan bukti pembayaran PBB terbaru
- NIB dan Sertifikat Standar OSS RBA
- APAR 1 unit tiap lantai
- Bak Sampah wajib bak Sampah injak tertutup
- Dokumen kalibrasi alat kesehatan yang digunakan di klinik
- Scan Akta Notaris dan SK KemenkumHAM bila pemohon adalah badan hukum/perusahaan
IMB harus IMB Fungsi Klinik
Salah satu hal yang membuat izin klinik di Surabaya rumit adalah kewajiban untuk mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) fungsi klinik / pelayanan kesehatan. Kewajiban ini berlaku untuk bangunan yang akan dijadikan klinik baik itu yang berstatus sewa maupun milik sendiri. Izin Klinik tidak akan dikeluarkan apabila IMB nya belum berfungsi klinik / pelayanan kesehatan dań harus diubah dahulu menjadi IMB Klinik / Pelayanan kesehatan.
Pengurusan IMB baru atau perubahan fungsi IMB lama ini sangat rumit dan memerlukan prosedur dan proses yang besar. Anda diwajibkan untuk menggambar ulang dan memenuhi seluruh persyaratan untuk mendapatkan IMB Klinik ini. Pada tahap ini Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya yang berwenang menyetujui dan mengeluarkan IMB ini.
Begitu banyak dokumen persyaratan untuk mendapatkan izin klinik pratama karena memang klinik bersinggungan langsung dengan keselamatan nyawa manusia. So ! tentu saja berkas persyaratan memerlukan persetujuan banyak dinas, instansi di pemerintahan hingga organisasi profesi. So ! untuk memenuhi seluruh dokumen persyaratan diperlukan konsentrasi, fokus, energi dan waktu yang besar. Apalagi bila SDM terbatas dan pengetahuan Anda tentang izin klinik juga sedikit maka akan sangat menyulitkan untuk mendapatkan izin klinik milik Anda
Jasa Izin Klinik Pratama OSS RBA di Surabaya
So ! langkah yang paling bijak adalah Anda mencari dan menunjuk perusahaan jasa yang memang sudah berpengalaman di bidang izin klinik ini yang sudah mengerti alur dan jalur izin klinik serta paham dengan regulasi terbaru izin klinik yaitu OSS RBA. Penunjukkan ini akan memperingan tugsas Anda dan Anda bisa mengalihkan waktu, energi dan konsentrasi untuk hal lain yang lebih penting terkait pembukaan klinik baru milik Anda
Alasan Memilih Kami :
- Memiliki Kantor di Surabaya dan di Bandung
- Berpengalaman di bidang izin klinik lebih dari 2 tahun
- Sudah mengantongi sertifikat ISO 9001 yang menunjukkan manajemen yang baik
- Memiliki tim operasional yang bergerak cepat membantu Anda
- Buka 24 jam tanpa tutup
- Free konsultasi
- Didukung oleh Tim notaris berpengalaman dan ahli hukum senior
Hubungi kami segera untuk konsultasi dengan kami mengenai Biaya Jasa Izin Klinik Pratama di Surabaya 08112121508