Persyaratan Tanda Daftar Gudang Terbaru

Persyaratan Tanda Daftar Gudang Terbaru tahun 2025 lengkap dengan panduan mengurus Tanda Daftar Gudang. Hubungi kami di 08112121508

Bagi pelaku usaha yang dalam menjalankan kegiatan usahanya memiliki gudang. Baik itu gudang untuk tempat penyimpanan bahan produksi maupun gudang untuk menyimpan bahan produk perdagangan. Gudang gudang tersebut wajib sudah memiliki izin Tanda Daftar Gudang.

Dokumen yang juga biasa disingkat dengan TDG ini juga merupakan bentuk melegalisasi gudang dan aktivitas di dalam gudang tersebut. Meskipun bukan izin usaha namun TDG berarti penting bagi seluruh pelaku usaha yang memiliki gudang sebagai bagian dari kegiatan usahanya.

Mengelola gudang dengan legalitas yang lengkap adalah kunci keberhasilan bisnis. Untuk memastikan operasional Anda berjalan lancar dan sesuai peraturan, penting untuk memahami Persyaratan Tanda Daftar Gudang (TDG) Terbaru. Tanpa tanda daftar gudang, gudang Anda berisiko menghadapi sanksi hukum dan denda. 

contoh tdg oss rba
contoh tdg oss rba

Berdasarkan informasi yang ada, persyaratan untuk Tanda Daftar Gudang (TDG) dapat bervariasi tergantung pada peraturan daerah dan sistem yang digunakan, seperti melalui Online Single Submission (OSS). Namun, ada beberapa persyaratan yang sering kali diminta seperti;

Persyaratan Tanda Daftar Gudang Terbaru

Dokumen Administratif:

  • Nomor Induk Berusaha (NIB): Ini adalah persyaratan utama, karena pendaftaran Tanda Daftar Gudang saat ini umumnya terintegrasi dengan sistem OSS. NIB harus mencantumkan kegiatan penyimpanan/logistik.
  • Surat Kepemilikan atau Perjanjian Sewa Gudang: Bukti kepemilikan tanah (SHM/SHGB/SHP) atau perjanjian sewa/kontrak gudang yang sah.
  • Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)/ Izin Mendirikan Bangunan (IMB): Dokumen yang menyatakan bahwa bangunan tersebut telah diizinkan sebagai gudang.
  • KTP dan NPWP: KTP pemilik atau penanggung jawab gudang, serta NPWP perusahaan/badan usaha.
  • Akta Pendirian dan Perubahan: Khusus untuk badan hukum (PT,CV, dll), akta pendirian dan perubahannya beserta pengesahan dari pihak berwenang (misalnya Kemenkumham).
  • Kode bidang usaha atau KBLI yang akan diajukan untuk TDG ini
  • Koordinat, luasan gudang dan isi di dalam gudang

Dokumen Teknis:

  • Denah Lokasi Gudang dan Alamat Lengkap: Peta lokasi dan titik koordinat gudang.
  • Foto Gudang: Foto gudang dari berbagai sisi (tampak depan, samping, dan dalam).
  • Dokumentasi Gudang: Beberapa daerah mungkin meminta formulir data teknis Tanda Daftar Gudang.
  • Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen: Pernyataan bahwa semua dokumen dan data yang diberikan adalah benar dan sah.

Persyaratan dan prosedur dapat berbeda di setiap daerah. Sebaiknya periksa situs web resmi atau bisa datang langsung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat untuk mendapatkan informasi yang paling akurat. Pengajuan Tanda Daftar Gudang saat ini sebagian besar dilakukan secara online melalui sistem OSS RBA . Pastikan semua dokumen yang diajukan lengkap dan valid untuk mempercepat proses penerbitan Tanda Daftar Gudang.

Ada beberapa alasan penting mengapa kita harus mengetahui Persyaratan Tanda Daftar Gudang  yang Terbaru. Persyaratan Tanda Daftar Gudang merupakan bagian dari peraturan pemerintah yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku usaha yang memiliki atau mengelola gudang. Dengan mengetahui persyaratan terbaru, Anda dapat memastikan bahwa operasional gudang Anda legal dan terhindar dari sanksi hukum, denda, atau penutupan usaha.

jasa pengurusan tanda daftar gudang
jasa pengurusan tanda daftar gudang

Proses Tunggu yang Lama

Setelah melengkapi persyaratan dan mengajukan untuk mendapatkan Tanda Daftar Gudang, pelaku usaha masih harus menunggu. Masa tunggu itu karena proses verifikasi dan vlidasi dokumen persyaratan masih dilakukan secara manual. Proses tunggu ini bisa mencapai waktu 1 bulanan sejak berkas diajukan.

Selama masa tunggu itu pelaku usaha tidak boleh menjalankan kegiatan usahanya. Sehingga bila proses TDG yang lama maka semakin lama pula pelaku usaha tertahan kegiatan operasionalnya.

Solusi Jasa Pengurusan Tanda Daftar Gudang Kilat

Melihat lamanya proses tersebut, kami sebagai perusahaan penyedia jasa terbaik di Indonesia menyediakan solusi cepat bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan Tanda Daftar Gudang. Kami sebagai perusahaan penyedia jasa memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang legalitas dan perizinan berusaha.

Alasan Memilih Kami :
  • Buka 24 Jam selama 7 hari penuh tanpa libur
  • Layanan Kilat resmi 1 Hari Terbit
  • Staff dan Tim operasional yang ahli di bidangnya
  • Berpengalaman di bidang proses TDG OSS RBA
  • Mahir berbahasa Inggris dan Mandarin
  • Telah tersertifikasi ISO 9001 sebagai jaminan mutu

So ! bagi Anda yang ingin mendapatkan TDG OSS RBA terbit otomatis bisa menghubungi kami di 08112121508 Jasa Pengurusan Tanda Daftar Gudang OSS RBA Terpercaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada pertanyaan? Silahkan Chat Kami