Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis Terpercaya

Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis Terdekat terpercaya berpengalaman garansi resmi PKKPR OSS RBA. Solusi Jasa Urus PKKPR terdekat 08112121508

Kendala pelaku usaha yang memiliki modal besar diatas Rp 5 Miliar saat ini adalah tidak bisa langsung mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB. Para pelaku usaha yang dikenal dengan sebutan usaha NON UMK – Non Usaha Mikro, Kecil harus terlebih dahulu mendapatkan izin lokasi.

Kebijakan Baru OSS RBA

Dokumen izin lokasi pada saat ini diberinama Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfataan Ruang atau PKKPR. Kewajiban ini mulai diberlakukan sejak pemerintah republik Indonesia mengeluarkan sistem perizinan baru yang bernama Online Single Submission Risk Based Approach atau OSS RBA.

Sistem perizinan berusaha berbasis risiko ini memang sudah mengintegrasikan perizinan berusaha dengan tata ruang dan penataan wilayah seluruh Indonesia. Dan seluruyh pelaku usaha NON UMK harus berada pada zona yang sesuai dengan tata ruang atau zonasi sesuai domisili usahanya.

jasa pkkpr terbit otomatis
jasa pkkpr terbit otomatis

Mengenal Zonasi

Zonasi adalah suatu wilayah yang telah ditetapkan peruntukan nya oleh pemerintah baik tingkat kota/kabupaten maupun yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Adapun zona yang umum pada wilayah di Indonesia antara lain zona pemukiman dan zona perdagangan dan jasa hingga zona serta zona kawasan industri.

Nah karena sudah ada intergrasi ini yang mengakibatkan NIB NON UMK tidak bisa terbit otomatis dan harus terlebih dahulu mendapatkan izin lokasi tersebut. Dokumen izin lokasi bisa terbit bila lokasi usaha pelaku usaha sudah sesuai dengan zona peruntukan tata ruang itu. Apabila zona berbeda maka pelaku usaha harus ganti lokasi.

contoh zona tata ruang
contoh zona tata ruang
contoh peta zonasi
contoh peta zonasi

Proses PKKPR Yang Lama

PKKPR (Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang) dapat terbit secara otomatis. Namun, perlu dicatat bahwa hal ini tidak berlaku untuk semua jenis usaha dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

PKKPR (Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang) adalah dokumen penting yang dibutuhkan oleh pelaku usaha non-UMK (modal di atas Rp 5 miliar) untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan izin lokasi.

PKKPR Juga Vital untuk Proses IMB / PBG

Dokumen PKKPR ini sangat perlu dan wajib untuk dimiliki oleh setiap pelaku usaha atau individu yang ingin memanfaatkan ruang. Dokumen ini adalah syarat utama untuk mengurus perizinan berusaha. Seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sekarang bernama Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) atau perizinan lainnya.

Tanpa PKKPR, Anda tidak bisa melanjutkan proses perizinan untuk memulai pembangunan atau kegiatan di lahan tersebut. Hingga mekanisme balik nama sertifikat tanah juga bergantung pada PKKPR ini.

Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis Terdekat

Proses pengurusannya melalui sistem OSS RBA bisa cukup rumit dan memerlukan waktu tunggu yang lama. Proses yang lama dan berbelit ini karena pemeriksaan verifikasi dan validasi persyaratan yang masih dilakukan manual offline.

Srlama masa tunggu itu pelaku usaha dilarang untuk melakukan kegiatan usahanya. So banyak pelaku usaha yang ingin PKKPR terbit cepat mencari dan memilih menggunakan jasa konsultan yang termasuk dalam Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis Terdekat.

Menggunakan jasa profesional untuk mengurus Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) bisa sangat menguntungkan, terutama bagi pelaku usaha yang tidak memiliki banyak waktu atau pengetahuan teknis tentang prosedur perizinan. 

Mengapa membutuhkan Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis

Perusahaan penyedia jasa yang bisa menerbitkan PKKPR dapat terbit secara otomatis (disebut juga self-declaration atau automated response) untuk pelaku non usaha mikro dan kecil (NON UMK). Ini merupakan salah satu kemudahan perizinan yang diberikan oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan UMK.

Mekanismenya, pelaku UMK tidak perlu melalui proses penilaian yang ketat. Mereka cukup membuat pernyataan mandiri (self-declaration) di sistem Online Single Submission (OSS) bahwa kegiatan usahanya telah sesuai dengan Rencana Tata Ruang (RTR). Setelah pernyataan ini diisi, sistem OSS akan menerbitkan PKKPR secara otomatis.

Selain untuk UMK, PKKPR juga bisa terbit otomatis pada kondisi tertentu, jika lokasi berada di kawasan yang RDTR-nya (Rencana Detail Tata Ruang) sudah terintegrasi dengan sistem OSS. Jika lokasi usaha Anda berada di kawasan yang RDTR-nya sudah online di sistem OSS, maka PKKPR akan langsung terbit dalam bentuk Konfirmasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKKPR). Prosesnya lebih cepat, biasanya paling lama 1 hari kerja, karena sistem OSS secara otomatis akan memverifikasi kesesuaian lokasi Anda. 

Permohonan PKKPR Laut. Untuk permohonan PKKPR di wilayah laut, jika kementerian terkait tidak memberikan notifikasi dalam jangka waktu yang ditentukan, maka sistem OSS akan menerbitkan PKKPR Laut secara otomatis.

Keuntungan Menggunakan Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis

  • Penggunaan jasa untuk rekomendasi Perizinan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) yang terbit secara otomatis memberikan beberapa keuntungan, terutama bagi para pelaku usaha atau investor.
  • Dengan sistem otomatis, proses verifikasi dan penerbitan rekomendasi PKKPR dapat dilakukan dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan prosedur manual. Hal ini memotong birokrasi yang panjang dan menghemat waktu berharga bagi pemohon. 

Sistem otomatis mengurangi potensi kesalahan manusia dan memastikan bahwa setiap langkah dalam proses pengajuan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini memberikan kepastian hukum yang lebih tinggi dan mengurangi risiko penolakan akibat kelalaian administratif.

Platform otomatis biasanya dilengkapi dengan fitur pelacakan status pengajuan. Pemohon dapat dengan mudah memantau progres permohonannya secara online kapan saja dan dari mana saja. Ini meningkatkan transparansi dan memberikan pemohon kontrol lebih besar atas prosesnya. 

Proses otomatis meminimalisir kebutuhan interaksi langsung antara pemohon dan petugas. Hal ini tidak hanya memangkas waktu, tetapi juga mengurangi potensi praktik KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) karena semua proses dilakukan secara digital dan terekam dalam sistem. 

Dengan adanya jasa rekomendasi PKKPR yang otomatis, Anda tidak perlu lagi mengerahkan banyak sumber daya manusia untuk mengurus perizinan. Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis sementara proses perizinan berjalan dengan efisien di latar belakang. 

Meskipun memiliki banyak keuntungan, penting untuk memastikan bahwa data yang Anda masukkan ke dalam sistem sudah akurat dan lengkap. Kesalahan data dapat menyebabkan penundaan atau penolakan, meskipun prosesnya sudah otomatis.  

Dengan sistem yang terintegrasi, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor dinas satu per satu. Proses pengajuan hingga penerbitan PKKPR bisa dilakukan secara online, mengurangi waktu tunggu dan birokrasi yang berbelit-belit.

Ini memungkinkan Anda untuk segera melanjutkan ke tahap perizinan berikutnya, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau persetujuan lingkungan. 

Alasan Memilih Kami :
  • Buka 24 Jam selama 7 hari penuh tanpa libur
  • Layanan Kilat resmi 1 Hari Terbit
  • Staff dan Tim operasional yang ahli di bidangnya
  • Berpengalaman di bidang proses PKKPR OSS RBA
  • Mahir berbahasa Inggris dan Mandarin
  • Telah tersertifikasi ISO 9001 sebagai jaminan mutu

So bagi Anda yang ingin mendapatkan PKKPR OSS RBA terbit otomatis bisa menghubungi kami di 08112121508 Rekomendasi Jasa PKKPR Terbit Otomatis Terdekat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada pertanyaan? Silahkan Chat Kami